Pengertian Libero dalam Sepak Bola - Berita Sepakbola Terbaru, Prediksi Skor Bola Malam Ini, Prediksi Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Liga Champions, Eropa

Prediksi Bola hari Ini, Prediksi Bola Malam Ini,Prediksi Skor Bola, Prediksi Bola Paling Akurat, Prediksi Skor Liga Hari Ini, Prediksi Liga Inggris,Prediksi Liga Spanyol, Prediksi Liga Italia, Prediksi Liga Champions,Prediksi Euro


Bandar Online Terpercaya Bandar Online Terpercaya

Pengertian Libero dalam Sepak Bola

Pengertian libero dalam sepak bola – Sebutan libero selalu dilempatkan kepada beberapa pemain sepak bola. Sayangnya, beberapa orang belum begitu paham dengan sebutan ini. Libero, ada yang mengatakan sebagai pemain belakang. Dan, adapula yang menganggap libero sebagai pemain tengah.

So, tidak mengherankan jikalau banyak orang berusaha mengungkap pengertian libero dalam sepak bola. Oleh sebab itu, berikut ini penjelasan mengenai pengertian libero dalam sepak bola:

Pengertian Libero

Pengertian Libero dalam Sepak Bola

Libero merupakan seorang pemain sepak bola yang memiliki tugas sebagai ‘Ball Playing Sweeper’. Maksudnya, ia menjadi seorang sweeper yang menyerang. Di kala tim mendapat serangan dari lawan, maka pemain libero harus kembali ke barisan belakang dan membantu pertahanan.

Dari sisi posisi, ia akan berdiri di belakang Centre Back. Posisi ini seperi pemain Sweeper biasa. Namun, perbedaan muncul ketika ia memgang bola. Ia tidak akan sembarangan mengumpan bola yang ada di sekitarnya. Pemain libero terlebih dulu melihat posisi rekan-rekan.

Apabila terdapat ruang kosong, maka ia akan mengumpan bola kepada rekan gelandang. Sehingga, pemain yang berjuluk libero dipastikan harus memiliki skill yang lebih baik dibanding seorang sweeper biasa.

Libero dan Centre Back

Pencetak Gol Terbanyak Liga Spanyol Sepanjang Masa

Hal ini dilihat dari skill yag dibutuhkan. Seorang libero memiliki kecenderungan menyerng dan sekaligus bertahan. Ketika menyerang, maka ia membutuhkan rekan Centre Back. Rekan ini bertugas sebagai penutup celah yang ditinggalkannya.

Ketika ia menyerang, seorang libero akan menyisakan lubang besar di barisan pertahanan. Sehingga, posisi menyerang harus dilakukan seorang libero seefektif mungkin. Apabila tidak, maka ruang kosong miliknya akan segera menjadi sasaran empuk para penyerang lawan.

Oleh sebab itu, antara libero dan Centre Back saling membutuhkan. Ketika libero masih terperangkan di barisan pertahanan lawan, maka harus ada pemain yang menutup lubang akibat aksinya. Centre Back lah yang mendapat tugas tersebut. Seketika itu, libero harus berlari kencang dan menjadi pemain rangkap dari Centre Back.

Kriteria Libero

Pengertian Libero dalam Sepak Bola

Setiap libero harus memiliki keunggulan dari sisi skill. Pengertian libero dalam sepak bola seyogyanya menjadi salah satu pemain vital di sebuah tim. Barisan pertahan dan sekligus penyerangan dikawal oleh pemain ini. Sehingga, ia dituntut memiliki skill double.

Beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh pemain libero yaitu:

Speed & Acceleration
Technique
Anticipation
Passing
Positioning

Semua skill tersebut harus sudah terlatih di dalam permainan seorang libero. Terdengar melelahkan. Libero menjadi tulang dasar pertahanan dan penyerangan sebuah tim. Perannya pun hampir sama dengan pemain tengah. Alhasil, jikalau sebuah tim memiliki libero yang handal dan diselingi dengan pemain tengah bertalenta, maka sebuah tim akan mudah menggapai tangga juara.

Kesimpulan

Pengertian Libero dalam Sepak Bola

Sebelumnya, pengertian libero dalam sepak bola masih abu-abu. Hanya sebagian dari pecinta sepak bola tahu dengan pengertian tersebut. Identik dengan pemain belakang. Libero nyatanya bukan hanya pemain belakang yang harus bertahan. Namun, ia harus merangsek ke depan demi memmpermudah barisan depan mencetak angka.

Tenaga dan skill seorang libero tidak bisa diremehkan. Ia memiliki rekam jejak yang patut diperhitungkan. Namanya sering terdengar menakutkan. Namun, itu memang sejalan dengan tugas berat yang ia emban. Pengertian libero dalam sepak bola memberitahu bahwa menjadi seorang libero menuntut seorang pemain harus berskill tinggi.

Berkemampuan bertahan saja tidak cukup. Atau, memiliki keahlian pun akan mengakibatkan barisan belakang keteteran. Seorang libero memiliki tugas sebagai pemain bertahan sekaligus pemain penyerang. Tugasnya bukan mencetak gol, melainkan membuka peluang bagi para pemain di barisan penyerangan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *